Home » » Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan jadi polemik yang terus berlanjut !

Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan jadi polemik yang terus berlanjut !

Beberapa foto yang saya ambil di bawah ini merupakan salah satu potret negatif dari nilai kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kerapian .

kesadaran kebersihan wc



Betapa tidak ! Tingkat harapan hidup rakyat Indonesia berada di level yang lebih mengkhawatirkan , jauh berbeda dengan negara-negara tetangga yang unggul dalam berbagai bidang karena penerapan hukum dan kedisiplinan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu negara .

kesadaran masyarakat pada kebersihan selokan
Selokan kotor



" Kebersihan itu merupakan dari iman " mungkin anda pernah mendengar hal itu ? Salah satu kalimat yang selalu terbenam dalam pola hidup muslim .
Islam sebagai agama rahmat bagi seluruh alam sudah jelas menyuruh kita untuk selalu menjaga kebersihannya .

Sacara data Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim yang sangat besar dengan 97 % adalah penganut islam . Tapi !!!!.
Kenapa negara ini seolah-olah tidak memperdulikan prinsip-prinsip islam dalam kasus ini adalah kebersihan .

Bukan menyalahkan agama islam ( karena saya juga muslim ) tapi kesadaran masyarakatnya inilah yang jadi sentimen negatif . Bagaimana negara ini mau maju kalau rakyatnya saja tidak peduli pada kebersihan , kebersamaan dalam membangun keluarganya jauh-jauh membangun negeri tercinta ini .


Jangankan satu negara full , wc dan selokan saja masih di biarkan kotor padahal tiap hari mereka gunakan untuk buang hajat atau kepentingan lainnya .


Menurut medis , wc menjadi penyumbang terbesar penyakit yang di alami manusia , hampir semua elemen-elemennya berisi kuman dan bakteri patogen . Ini dikategorikan sebagai wc yang bersih, bagaimana dengan wc kotor ? Siapa yang berbuat siapa yang bertanggung jawab !!!.


Belum lagi makanan dan minuman yang serba instan dan mengandung bahan kimia berbahaya . Sudah dipastikan alasan Indonesia memiliki harapan hidup rendah berawal dari kebiasaan sehari-harinya yang tidak menunjukan reaksi positif .


Semoga saja ke depannya bisa muncul ide cemerlang dan semangat berdisiplin serta peduli terhadap lingkungan khususnya lingkungan pribadi dulu . !!!.

0 komentar:

Posting Komentar